Sunday, March 04, 2007

My Very Own Java Jazz

seorang temen tersayang, x, menelepon gue.

x:
"eh loe mau nonton sergio mendes gak?"

g:
"ergh... kenapa emangnya?"

menyadari keraguan gue, x nyelak.

x:
"first of all, loe tau sergio mendes gak?"

g:
"tau. tapi satu lagu-nya doang."

x:
"ooooooh ya udah kalau gitu... ada tiket nganggur mau kasih ke loe. tapi ya udah lah ya..."

g:
"oh ok ok, thanks ya... bye!"

klik. telepon ditutup. terus gue berpikir seandainya dia tau lagu-lagu yang ada di ipod gue bisa diketawain abis nih. pikir punya pikir lagi, apa salahnya dengan diketawain. akhirnya gue sms-in si x lagi.

g:
"gue gak dengerin jazz. artis fave gue tuh rossa, agnes monica, reza, ada band, vina, ungu gitu. gue bisa nyanyiin lagu-lagu mereka dengan sepenuh hati."

x:
"aku gak mau temenan ama loe lagi."

sial memang x ini!

jumat kemaren, karena bisa pulang cepet, gue mampir ke pasar festival. mau cuci mobil sekalian makan bakso afung. waktu gue lagi makan, di seberang meja ada segerombolan orang-orang nyentrik seperti biasanya. buat yang belum pernah ke pasar festival, di food courtnya itu ada sebuah panggung. biasanya di panggung itu diisi oleh band-band gak terkenal, atau lomba dance sma dan lain lain yang bukan menghibur malah bikin berisik suasana.

belum lagi makanan gue selesai, orang-orang nyentrik itu bangun dari kursi mereka. dalam hati gue ngomong "duh mulai deh nih, berisik! buruan ah makan biar bisa cabut."

gak berapa lama di kejauhan kedengeran suara pria paruh baya ngomong "walau yang nonton sedikit, tapi kami tetep semangat menghibur. sekarang kami akan memainkan lagu here, there and everywhere." dengan sinisnya gue mikir, ya jelas lah dikit, ngapain juga orang nontonin loe. tapi yang ini lumayan, nyebutin judul lagu yang berbahasa inggris itu bener. gak seperti biasanya. hehehe!

dan ketika mereka mulai pelan pelan bulu kuduk gue berdiri. lagu here, there and everywhere seolah menjadikan suasana food court yang hingar bingar jadi senyap dan syahdu. dan harus gue akui permainan gitarnya terdengar mapan dan tenang. gue menikmati setiap nadanya sambil mikir lagi "eh tumben nih keren banget band-nya."

pas selesai, buru-buru gue ke depan panggung pengen liat siapa gerangan yang sedang bermain. dan di depan mata gue, ada ireng maulana and friends sedang mencoba menghibur penonton yang memang sedikit. sudah sedikit, sambil makan dan tidak peduli pula. padahal seinget gue, ireng maulana adalah nama besar di dunia permusikan yang tidak terlalu gue kenal itu. walau mereka mencoba menikmati memainkan alat musiknya masing-masing, tapi ada semburat kesedihan terpancar di wajah mereka. mungkin karena penonton sepi dan tidak apresiatif.

Photobucket - Video and Image Hosting

gue pun berinisiatif mengeluarkan kamera digital untuk memotret mereka. gue pengen mereka merasa bahwa masih ada yang mengidolakan mereka pun di tempat seperti ini. dan ternyata trik gue bekerja sesuai rencana. mereka tersenyum dan bahkan ireng, berpose di depan kamera gue.

namanya jagoan musik, penonton yang tadinya senyap perlahan mulai apresiatif. tepuk tangan mulai terdengar.

karena mobil gue udah beres, maka gue pun meninggalkan ireng dan teman-temannya. sambil jalan gue sms si x lagi.

g:
"di pasfes ada ireng maulana main lagu here, there and everywhere. penontonnya sepi banget. gue sedih jadinya."

x membalas sms gue:
"lah ngapain kok dia gak di java jazz"

g:
"udah gak kepake kali?"

x:
"kasian"

kami berdua sampai sekarang gak tau alasan sebenarnya kenapa dia gak ada di java jazz. yang pasti malam jumat itu gue terhibur banget. di saat yang bersamaan java jazz dimulai. gue juga punya pengalaman java jazz gue sendiri. pertama kali nonton ireng maulana performing live!

14 comments:

dewi said...

Pak Ireng main kok di Java Jazz, Kalo ga salah hari Sabtu deh...mungkin emang hari jumat udah dikontrak di pasfes... Hehehhehe...

Paling ngga lo ga rugi nonton jamie cullum live. Apalagi kalo sebelah2an sama para abegeh. Bukannya dengerin mas Kulup nyanyi malah sibuk mengagumi kegantengannya sambil bahas try out kimia (sumpah ini gue ga ngarang). Doooh....

dita.murningtyas said...

om ireng emang tiap jumat maen di pasfest glenn...kadang ada beberapa musisi yang suka bikin jingle iklan juga ikutan manggung kayak ade hamzah dkk.
seru gak nonton jazz glenn? hehhehe

widartoadi said...

sama ama pertanyaan gue,
ireng kemaren maen di okz cafe bintaro, gue kaget..
sekelas oom ireng,...
ada apakah ya ?

snydez said...

wah.. :)
jadi pengen liat ..

rangga said...

karena buat om Ireng, mungkin lebih seru dan berarti maen di depan audience yang gak tau dia, bisa jadi diri sendiri... hehehe...

dan dia bisa memberi kejutan ke orang-orang seperti loe, Glenn... :)

soe said...

i don't eben gno who he is.
ahahaha. *smack

mumu said...

udah lama kok ireng dkk main di pas fes. emang sepi dan nyaris gak ada yg merhatiin. tapi di antara yang cuek sambil makan, tetep aja ada yang "tersedot".

salam kenal,

dhanar said...

glenn,
itulah kehidupan pemusik kita di indonesia. setelah tua, jarang ada yang menghargai... dan mereka juga perlu untuk hidup, so selagi ada yang memberikan mereka sesuatu,,, kenapa gak?...

Iman Brotoseno said...

jadi tinggalnya di Rasuna nih ?

Anonymous said...

ga semua musisi ( baik tua ato muda ) yang maen di tempat "ga beken" itu 'aneh' ato tabu... menurut gue om ireng keren tuh..beliau ga milih2 maen..tantangannya disitu.. kalo maenya di nine muses yang notabene pengunjungnya emang melek jazz.. itu malah biasa... Bukan berarti ga mengharagai juga.. yang gak ngehargain tuh malah yang 'mengasihani' beliau dan mereka mereka yang kita anggap tua.. Om ireng masih eksis lhooo...

Anonymous said...

waduh, mas koq mesakke. lagu jazz kan asyik, diajak nonton gratisan java jazz gaa mau. mending buat gue aj. apalagi si sergo mendezzzz yang maen.

homo isenga said...

Pasar festivalnya Ireng Maulana ini adalah tempat pertama yang sahabat terbaikku ceritakan tentang acara gratisan terbaik di Jakarta.Suatu acara menikmati musik yang bisa diakses oleh sebagian besar kalangan.

okzcafe said...

silahkan lihat om or brow ireng maulana maen di bilangan Bintaro Jaya tepatnya di O'Kz Cafe & Resto Depan Wongsolo BTC.....! salam...dr O'Kz cafe and visited to http://okzcafe.multiply.com

hengky said...

silahkan berkunjung kembali to O'Kz Cafe&Resto and request to om ireng manggung lagi di O'kz ke Babe Hengky Owner O'kz or Visited to http://okzcafe.multiply.com