Wednesday, November 01, 2006

Gimana Sih Caranya?

berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan kepada gue. ada yang dari orang iklan, mahasiswa iklan, klien, dosen, orang iklan wanna-be dll.

GIMANA SIH CARANYA DAPETIN IDE YANG BAGUS DAN CEPAT?

seandainya gue tau, pastilah gue udah jadi salah satu orang paling kaya di dunia dan kerja bareng stephen spielberg atau steve jobs. dan seandainya ada yang tau dan bisa melakukannya, di mana keseruan mencari ide? perut bergejolak, jantung berdebar-debar, kepala berat sebelah karena ide yang ada sekarang gak bagus sementara waktu terus berlari.
akan sangat sulit untuk gue menjawab pertanyaan di atas karena:

1. gue gak tau 'ide' itu apa. dan menurut gue advertising gak selamanya mesti punya ide. gue sering banget liat iklan yang katanya memiliki ide besar, menonjok dan berkelas internasional. tapi apa yang terjadi setelah gue melihat iklan itu? gue ngerasa kosong. gak jarang ngerasa dibodohi. dan sering ngerasa diadu pinter.

2. ide bagus itu 'bagus' menurut standar siapa? klien? juri awards? konsumen? atau kita sendiri?

GIMANA SIH CARANYA BIKIN IKLAN BAGUS?

lagi-lagi seandainya gue tau, pastilah gue udah kerja bareng dengan david droga atau neil french. pastilah gue udah punya rumah sendiri atau berlayar setiap tahun. pastilah gue udah gak tinggal di jakarta. sejujurnya gue gak tau gimana caranya bikin iklan bagus. malah kadang gue suka gak tau, gimana caranya bikin iklan. beberapa kali setelah 'iklan' gue jadi, terus gue kasih liat ke orang iklan, mereka bilang "ah itu mah bukan iklan. tapi karya seni. lukisan!" see, gue tak tau gimana caranya bikin iklan. apalagi bikin iklan bagus.

GIMANA SIH CARANYA KALAU MAU BIKIN BIRO IKLAN?

seandainya gue tau, pasti gue udah punya biro iklan sendiri dong? tapi gue selalu punya pertanyaan balik. "kenapa mau bikin biro iklan?" dan dari situ barulah terbuka berbagai alasan dan wacana baru. ada yang karena memang suka dengan dunia iklan. ada yang karena memandang bisnis iklan itu uangnya menggiurkan. ada yang karena gak tau lagi duitnya mau diapain. ada yang karena ngerasa bisa bikin biro iklan yang lebih bagus daripada yang udah ada sekarang. dang ratusan alasan lainnya.

untuk pertanyaan yang ini, gue cuma bisa ngasih dari hasil pengamatan gue aja. selama ini biro iklan yang bisa hidup (secara hari gini kata 'berkembang' jadi begitu sakral) adalah biro iklan dengan pemimpin yang memang mencintai dunia iklan. mereka memberikan hidupnya untuk iklan. memberikan cintanya buat iklan. sesulitnya keadaan sekarang, mereka bertahan.

GIMANA SIH CARANYA MAU KERJA DI BIRO IKLAN?

yang ini gue tau. akhirnya! tapi sebelumnya coba deh kita jawab sendiri seberapa 'mau'-nya 'mau'? mau tapi kalau waktu kuliah gak dijalanin sungguh-sungguh? mau tapi porto pas-pas-an sama kompetitor lain? mau tapi waktu magang dateng terlambat dan lebih milih seru-seruan di mall? mau tapi waktu diinterview gak dipersiapkan serius?

kenyataan sekarang setiap tahun ribuan orang berniat masuk ke dunia iklan. dan dari ribuan itu mungkin hanya sepersepuluh yang bisa ditampung. nah kira-kira deh, untuk mendapatkan satu bangku dari sepersepuluh yang tersisa, apa yang harus kita lakukan? menurut gue, jawabannya pasti udah ada di hati kita masing-masing.

GIMANA SIH CARANYA MENANG AWARDS?

yah... yang ini gue gak tau lagi. kalau gue tau pasti di apartemen gue sekarang dipenuhi piala-piala dong. banyak temen yang suka nyindir bilang "ah loe kan ngejer awards doang!" gue sih terima aja. tapi gue sendiri bingung. perasaan di tahun 2005, gue cuma bikin 2 iklan buat awards. 2006 ini, bikin 3 lagi. 5 dalam 2 tahun. bukan jumlah yang bombastis sama sekali kalau dibandingkan dengan agency-agency bukan? kalau tau bagaimana sebuah agency mengeluarkan uang puluhan sampai ratusan juta untuk ikutan awards show.

dari kenyataan di atas, gue paling bisa bilang, kayaknya gue bukan orang yang kompeten untuk menjawab pertanyaan ini. gimana kalau tanya aja sama para creative directors di biro iklan yang sering naik turun panggung. atau ke yang selama ini menginvestasikan banyak uang untuk awards. mereka pasti bisa ngasih jawaban yang lebih detail dan memuaskan.

GIMANA SIH CARANYA JADI FREELANCER?

gabung www.freelancercandco.com :) mungkin gak banyak yang tau kalau gue belum dua tahun loh jadi freelancer. masih baru. piyik lah istilahnya. tapi dari pengalaman yang masih pendek itu, gue paling bisa berbagi tips.

1. punya asuransi sendiri.
inget, kita gak punya lagi jamsostek.

2. cari ilmu sendiri.
gak ada lagi yang mau ngasih training gratis. bisa beli buku. ikut seminar, dll.

3. investasi di awards walau sedikit.
biar kita tau secara kreatif kita ada di mana. dan bisa jadi bargaining power yang lumayan buat yang mau hire kita.

4. jaga kesehatan.
itu modal utama kita bukan. kita sakit, 'perusahaan' kita tutup artinya.

5. atur uang.
pas lagi banyak simpen biar pas lagi dikit gak mati.

GIMANA SIH CARANYA MAU JADI ORANG IKLAN?

hare geneee... mau jadi orang iklan?! hehehe... udah ah... kerja dulu ya. mau bikin iklan nih... deuuuuh!

8 comments:

hanny said...

hahahahahaha ending-nya bikin orang ngegubrak. ya udah, kerja dulu deh ... selamat bekerjaaaa deuuuhhhh :p

rangga said...

gimana sih caranya jadi manusia?

Herman said...

" selama ini biro iklan yang bisa hidup (secara hari gini kata 'berkembang' jadi begitu sakral) adalah biro iklan dengan pemimpin yang memang mencintai dunia iklan "

Mungkin untuk berkembang, pemimpinnya harus lebih mencintai duit kali ya :D

Ruby Andriansyah said...

"kalau gue tau pasti di apartemen gue sekarang dipenuhi piala-piala dong."

nah jadi mirip ruangan kepala sekolah smp dulu... :D


-----------------------------------------
pufff...akhirnya, gue baru berpikir untuk punya asuransi kesehatan...

kopilova said...

Tinggal di apartemen. Kayak iklan :P

Micki Mahendra said...

Udah gak usah asuransiiii
gak pentingg...yang penting punya temen banyakkk..heiheihe.
kan yang kuat harus membela yang lemah, dimana yang butuh harus di bantu yang punya...
yang lain setuju deh
Kecuali yang asuransi. =P

dewi said...

gimana sih, caranya bahagia jadi orang iklan?

kw said...

glenn gimana sih caranya menikmati iklan?